7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda atau soda kue mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan pengembang kue atau sebagai bahan pembersih rumah tangga. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki banyak manfaat lain yang mungkin tidak banyak diketahui orang?

1. Mengatasi jerawat
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Mencegah bau badan
Baking soda dapat menjadi alternatif alami untuk mencegah bau badan. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan oleskan di area ketiak atau kaki yang berbau. Baking soda akan menyerap keringat dan bau yang tidak sedap.

3. Menghilangkan noda pada gigi
Baking soda juga dapat digunakan sebagai pembersih gigi alami. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan gosokkan pada gigi. Baking soda dapat membantu menghilangkan noda pada gigi dan membuatnya lebih putih.

4. Meredakan gatal-gatal
Jika Anda mengalami gatal-gatal pada kulit, mencampurkan baking soda dengan air dan mengoleskannya pada area yang gatal dapat membantu meredakan rasa gatal tersebut.

5. Menghilangkan bau pada sepatu
Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Taburkan sedikit baking soda di dalam sepatu yang berbau dan biarkan semalam. Bau yang tidak sedap akan hilang dan sepatu akan terasa lebih segar.

6. Menghilangkan bau di lemari
Jika lemari Anda memiliki bau yang tidak sedap, letakkan wadah kecil berisi baking soda di dalam lemari. Baking soda akan menyerap bau yang tidak sedap dan membuat lemari terasa lebih segar.

7. Membersihkan permukaan logam
Baking soda juga dapat digunakan sebagai pembersih untuk permukaan logam. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan gunakan sebagai scrub untuk membersihkan permukaan logam yang kusam.

Itulah beberapa manfaat baking soda yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Selain sebagai bahan pengembang kue, baking soda juga memiliki banyak manfaat lain yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memanfaatkan baking soda untuk kebutuhan Anda!