Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Ahli gizi merekomendasikan agar lansia mengonsumsi makanan yang kaya protein dalam diet mereka. Protein merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan otot, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

Lansia seringkali mengalami penurunan nafsu makan dan penyerapan nutrisi yang kurang efisien, sehingga penting bagi mereka untuk memperhatikan asupan protein mereka. Protein juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko osteoporosis, dan menjaga fungsi otak yang optimal.

Beberapa sumber protein yang direkomendasikan untuk lansia antara lain daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Selain itu, suplemen protein juga bisa menjadi pilihan bagi lansia yang kesulitan memenuhi kebutuhan protein mereka melalui makanan sehari-hari.

Selain memperhatikan asupan protein, lansia juga perlu memperhatikan keseimbangan nutrisi lainnya dalam diet mereka, seperti serat, vitamin, dan mineral. Penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan beragam untuk memastikan tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan memperhatikan asupan protein dan nutrisi lainnya, lansia dapat menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka di masa tua. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi individu Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan lansia di Indonesia.