Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Baking soda dan baking powder seringkali digunakan dalam banyak resep kue dan roti. Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam proses memasak.

Baking soda, atau yang juga dikenal sebagai soda kue, merupakan bahan yang bersifat basa. Ketika baking soda dicampur dengan bahan-bahan asam seperti cuka, yoghurt, atau lemon juice, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida. Gas inilah yang akan membuat adonan kue atau roti menjadi mengembang dan empuk. Namun, perlu diingat bahwa baking soda tidak bisa digunakan sendiri tanpa bahan asam, karena akan meninggalkan rasa pahit yang tidak enak.

Sementara itu, baking powder merupakan campuran antara baking soda, asam tartrat, dan bahan pengisi lainnya. Baking powder sudah mengandung asam di dalamnya, sehingga bisa digunakan tanpa perlu ditambahkan bahan asam tambahan. Baking powder memiliki dua jenis, yaitu single-acting dan double-acting. Baking powder single-acting akan bereaksi seketika setelah dicampur dengan cairan, sedangkan baking powder double-acting akan bereaksi saat dipanaskan dan saat terkena cairan.

Jadi, perbedaan utama antara baking soda dan baking powder terletak pada asam yang digunakan. Baking soda memerlukan bahan asam tambahan untuk menghasilkan gas karbon dioksida, sedangkan baking powder sudah mengandung asam di dalamnya. Oleh karena itu, saat menggunakan baking soda, pastikan untuk selalu mencampurkannya dengan bahan asam, sedangkan saat menggunakan baking powder, Anda tidak perlu menambahkan bahan asam tambahan.

Dengan mengetahui perbedaan antara baking soda dan baking powder, Anda bisa lebih memahami cara kerja kedua bahan ini dan menggunakannya dengan benar dalam proses memasak. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang gemar memasak kue dan roti. Selamat mencoba!