Bappeda: Perubahan perilaku pengaruhi percepatan penurunan stunting

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memiliki peran penting dalam upaya penurunan angka stunting di Indonesia. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kurangnya gizi dan pola makan yang tidak seimbang. Menurut data WHO, Indonesia memiliki angka stunting yang cukup tinggi, yaitu sekitar 30% pada anak di bawah usia lima tahun.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya angka stunting adalah perilaku masyarakat dalam mengonsumsi makanan bergizi. Bappeda melakukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap gizi dan pola makan yang sehat. Perubahan perilaku ini diharapkan dapat mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia.

Salah satu program yang dilakukan oleh Bappeda adalah sosialisasi pentingnya gizi dan pola makan yang sehat kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan dapat memahami pentingnya gizi dalam pertumbuhan anak-anak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, Bappeda juga memberikan edukasi tentang cara memilih dan menyajikan makanan yang bergizi bagi keluarga.

Selain itu, Bappeda juga bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan organisasi masyarakat untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang mendukung upaya penurunan stunting. Misalnya, mengadakan kampanye gizi di sekolah-sekolah, puskesmas, dan desa-desa, serta melibatkan tokoh masyarakat dalam menyampaikan pesan-pesan tentang pentingnya gizi dan pola makan yang sehat.

Dengan adanya perubahan perilaku masyarakat dalam mengonsumsi makanan bergizi, diharapkan angka stunting di Indonesia dapat turun secara signifikan. Bappeda terus berupaya untuk memberikan edukasi dan dukungan kepada masyarakat agar mereka dapat memiliki pola makan yang sehat dan bergizi, sehingga anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Semoga dengan kerjasama yang baik antara Bappeda, pemerintah, dan masyarakat, Indonesia dapat mencapai target penurunan stunting yang diinginkan.