Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Anak dengan alergi susu sapi merupakan kondisi yang sering dijumpai di kalangan anak-anak. Alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespons protein susu sapi sebagai benda asing yang berbahaya, sehingga menimbulkan reaksi alergi. Salah satu alternatif pengganti susu sapi yang sering dipertimbangkan adalah susu kambing. Namun, para orangtua perlu berhati-hati dalam memberikan susu kambing kepada anak dengan alergi susu sapi.

Menurut dokter spesialis alergi anak, Dr. Siti, anak dengan alergi susu sapi sebaiknya tidak diberi susu kambing sebagai pengganti. Meskipun susu kambing memiliki protein yang berbeda dengan susu sapi, namun keduanya masih memiliki kemiripan dalam struktur proteinnya sehingga tetap dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak yang sensitif terhadap protein susu sapi.

Dr. Siti menyarankan agar orangtua mencari alternatif susu non-susu hewani untuk menggantikan susu sapi dalam diet anak dengan alergi. Misalnya, susu kedelai, susu almond, atau susu kacang-kacangan lainnya yang aman untuk dikonsumsi oleh anak dengan alergi susu sapi. Selain itu, perlu dilakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan anak.

Penting bagi orangtua untuk memahami kondisi alergi susu sapi pada anak dan tidak sembarangan memberikan pengganti susu tanpa konsultasi medis terlebih dahulu. Dalam hal ini, peran dokter sangat penting untuk memberikan informasi dan saran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan perhatian dan penanganan yang tepat, anak dengan alergi susu sapi dapat tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup tanpa menimbulkan reaksi alergi yang berbahaya.