Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

Seiring dengan bertambahnya usia, risiko terkena penyakit jantung koroner juga semakin meningkat. Menurut para dokter, pencegahan merupakan langkah terbaik untuk menghindari penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mulai memperhatikan kesehatan jantung sejak usia 35-40 tahun ke atas.

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah ke jantung yang dapat berujung pada serangan jantung. Faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner antara lain adalah merokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Para dokter menyarankan agar mulai dari usia 35-40 tahun ke atas, kita perlu melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mencegah penyakit jantung koroner. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain adalah:

1. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan jantung seperti tes darah, tekanan darah, dan elektrokardiogram (EKG) untuk memantau kondisi jantung kita.
2. Mengontrol faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes dengan mengikuti pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok.
3. Menjaga berat badan ideal dengan mengikuti pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.
4. Menghindari stres dan mengelola emosi dengan baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.
5. Konsultasi dengan dokter secara rutin untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi jantung kita.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan sejak usia 35-40 tahun ke atas, kita dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung kita dengan baik. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat demi mencegah penyakit jantung koroner. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan jantung yang baik dan terhindar dari penyakit yang membahayakan ini. Aamiin.