Frugal living, apa artinya? – ANTARA News

Frugal living, atau hidup hemat, adalah gaya hidup di mana seseorang mengelola keuangan secara bijaksana dengan cara menghemat pengeluaran dan menggunakan uang dengan bijak. Frugal living bukan berarti hidup dalam keterbatasan atau kekurangan, namun lebih kepada pengelolaan keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Ada beberapa prinsip utama dalam frugal living, salah satunya adalah memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan, seseorang dapat mengalokasikan uang dengan lebih efisien untuk hal-hal yang benar-benar penting. Selain itu, frugal living juga mengajarkan seseorang untuk membeli barang-barang dengan harga yang lebih terjangkau dan tidak terlalu mementingkan merek terkenal atau tren terbaru.

Selain itu, frugal living juga melibatkan praktik menghemat pengeluaran sekecil mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membandingkan harga sebelum membeli barang, menggunakan kupon diskon, memperbaiki barang yang rusak daripada membeli yang baru, atau mengurangi penggunaan listrik dan air di rumah. Dengan melakukan hal-hal kecil ini secara konsisten, seseorang dapat menghemat uang secara signifikan dalam jangka panjang.

Selain manfaat finansial, frugal living juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi stres dan kecemasan terkait keuangan. Dengan memiliki kontrol yang lebih baik atas keuangan pribadi, seseorang dapat merasa lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi masa depan. Selain itu, frugal living juga dapat membantu seseorang untuk lebih menghargai apa yang dimiliki dan tidak terlalu tergoda untuk mengikuti gaya hidup konsumtif.

Dalam era modern ini, di mana konsumsi dan gaya hidup materialistik seringkali menjadi fokus utama, frugal living dapat menjadi alternatif yang baik untuk mencapai kehidupan yang lebih berkelimpahan secara finansial. Dengan mengubah pola pikir dan kebiasaan konsumsi, seseorang dapat membangun kestabilan keuangan jangka panjang dan hidup dengan lebih bermakna. Oleh karena itu, frugal living bukan hanya sekedar gaya hidup hemat, namun juga merupakan sebuah filosofi hidup yang dapat membawa kebahagiaan dan kepuasan yang lebih dalam dalam kehidupan sehari-hari.