IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Kekerasan seksual pada anak merupakan salah satu masalah yang sangat serius dan harus segera diatasi. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kasus kekerasan seksual pada anak di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadi perhatian serius bagi semua orang tua untuk melindungi anak-anak dari bahaya kekerasan seksual.

Untuk membantu orang tua dalam mencegah kekerasan seksual pada anak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah membagikan 7 kiat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah 7 kiat tersebut:

1. Ajarkan anak tentang batasan tubuh: Orang tua perlu mengajarkan kepada anak tentang batasan tubuh dan pentingnya menjaga privasi tubuhnya. Anak perlu tahu bahwa tidak ada orang yang boleh menyentuh bagian tubuhnya yang sensitif tanpa izin.

2. Berikan pemahaman tentang kekerasan seksual: Orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak tentang apa itu kekerasan seksual dan bagaimana cara menghadapinya. Anak perlu tahu bahwa kekerasan seksual adalah tindakan yang tidak benar dan harus segera dilaporkan.

3. Bangun komunikasi yang baik: Orang tua perlu membuka komunikasi yang baik dengan anak agar anak merasa nyaman untuk bercerita tentang segala hal, termasuk mengenai kekerasan seksual. Dengan begitu, anak akan lebih mudah untuk meminta bantuan jika mengalami masalah.

4. Awasi pergaulan anak: Orang tua perlu memantau pergaulan anak baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sosial lainnya. Pastikan anak selalu berada di lingkungan yang aman dan terhindar dari potensi kekerasan seksual.

5. Berikan pemahaman tentang media sosial: Orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak tentang bahaya kekerasan seksual yang bisa terjadi melalui media sosial. Ajarkan anak untuk selalu berhati-hati dalam berinteraksi di dunia maya.

6. Ajarkan anak untuk percaya pada instingnya: Orang tua perlu mengajarkan kepada anak untuk percaya pada instingnya jika merasa tidak nyaman dengan seseorang. Anak perlu tahu bahwa mereka memiliki hak untuk menolak tindakan yang tidak pantas.

7. Edukasi tentang pencegahan kekerasan seksual: Orang tua perlu terus memberikan edukasi kepada anak tentang pentingnya mencegah kekerasan seksual dan bagaimana cara melaporkannya jika mengalami hal tersebut.

Dengan menerapkan 7 kiat yang telah diberikan oleh IDAI, diharapkan orang tua dapat melindungi anak-anak dari bahaya kekerasan seksual. Kesejahteraan dan keselamatan anak adalah tanggung jawab bersama, dan semua pihak harus berperan aktif dalam mencegah kekerasan seksual pada anak. Semoga dengan adanya upaya ini, kasus kekerasan seksual pada anak dapat diminimalisir dan anak-anak dapat tumbuh dengan aman dan bahagia.