IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak banyak mengkonsumsi buah saat polusi udara tinggi. Hal ini dikarenakan polusi udara dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada anak-anak, terutama pada sistem pernapasan mereka.

Polusi udara yang tinggi dapat mengandung berbagai zat berbahaya seperti partikel debu, asap kendaraan bermotor, dan gas beracun. Paparan zat-zat tersebut dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan anak, seperti iritasi pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan dan nutrisi, anak-anak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung serat yang dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan anak-anak dan menjaga berat badan mereka tetap sehat. Dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, anak-anak juga dapat mendapatkan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

IDAI juga menyarankan agar orangtua memberikan makanan sehat dan bergizi kepada anak-anak, serta menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan sehat. Selain itu, mereka juga disarankan untuk menghindari paparan polusi udara dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan memakai masker saat berada di luar ruangan.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan memperhatikan lingkungan sekitar, diharapkan anak-anak dapat terhindar dari gangguan kesehatan akibat polusi udara. Sehingga, mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki kesehatan yang optimal.