Mengenal diseksi aorta, deteksi dini dan cara penanganannya

Diseksi aorta adalah kondisi medis yang serius dan memerlukan penanganan segera. Diseksi aorta terjadi ketika lapisan dalam aorta, arteri besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, terkoyak. Hal ini dapat menyebabkan darah mengalir ke dalam lapisan dinding aorta dan memisahkannya, membentuk saluran palsu yang dapat mengancam nyawa.

Deteksi dini sangat penting dalam penanganan diseksi aorta. Gejala yang mungkin muncul termasuk nyeri dada hebat, nyeri punggung, sesak napas, perasaan tidak nyaman di dada atau perut, dan tekanan darah tidak stabil. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera hubungi dokter atau pergi ke unit gawat darurat terdekat.

Untuk mendiagnosis diseksi aorta, dokter mungkin akan melakukan tes pencitraan seperti CT scan, MRI, atau USG. Setelah diagnosis ditegakkan, penanganan akan segera dilakukan. Penanganan diseksi aorta tergantung pada tingkat keparahan kondisi dan lokasi terjadinya robekan pada aorta.

Pengobatan untuk diseksi aorta biasanya melibatkan penggunaan obat-obatan untuk mengendalikan tekanan darah dan memperlambat laju denyut jantung, serta tindakan bedah untuk memperbaiki kerusakan pada aorta. Dalam beberapa kasus, prosedur endovaskular juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada aorta tanpa perlu melakukan operasi terbuka.

Untuk mencegah terjadinya diseksi aorta, ada beberapa faktor risiko yang perlu diwaspadai, seperti tekanan darah tinggi, aterosklerosis, penyakit jantung bawaan, atau riwayat keluarga dengan gangguan pembuluh darah. Penting bagi Anda untuk menjaga gaya hidup yang sehat, seperti menghindari merokok, menjaga berat badan ideal, berolahraga secara teratur, dan mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

Dengan mengenal diseksi aorta, Anda dapat segera mengambil tindakan jika mengalami gejala-gejala yang mencurigakan. Deteksi dini dan penanganan yang cepat dapat membantu mengurangi risiko komplikasi serius dan meningkatkan prognosis Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.