Peneliti mendapati kaitan kesehatan mental dengan konsumsi keju

Sebuah penelitian terbaru telah menemukan hubungan yang menarik antara kesehatan mental dan konsumsi keju. Peneliti mendapati bahwa orang yang mengonsumsi keju secara teratur cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi keju sama sekali.

Studi ini dilakukan oleh sekelompok peneliti di sebuah universitas terkemuka di Indonesia. Mereka mengumpulkan data dari ribuan responden yang mengisi kuesioner tentang pola makan mereka dan juga menjalani tes kesehatan mental. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi keju setidaknya dua kali seminggu memiliki tingkat stres yang lebih rendah, suasana hati yang lebih baik, dan tingkat kecemasan yang lebih rendah daripada mereka yang jarang atau tidak mengonsumsi keju sama sekali.

Menariknya, peneliti juga menemukan bahwa keju memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan otak, seperti asam lemak omega-3 dan vitamin B12. Nutrisi ini telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mood seseorang, sehingga bisa menjelaskan mengapa konsumsi keju berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Namun, peneliti juga menekankan bahwa hasil studi ini masih perlu dikonfirmasi melalui penelitian lebih lanjut. Mereka juga menyarankan agar konsumsi keju tetap dalam batas yang sehat, karena keju juga tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Meskipun demikian, temuan ini tentu memberikan informasi yang menarik tentang potensi manfaat konsumsi keju bagi kesehatan mental. Jadi, jika Anda pecinta keju, tidak ada salahnya untuk menambahkan keju ke dalam pola makan sehari-hari Anda untuk mendukung kesehatan mental Anda.