Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Sunscreen dan sunblock adalah dua produk yang sering digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu melindungi kulit dari bahaya sinar UV, namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Sunscreen biasanya mengandung bahan aktif yang menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehingga kulit tidak terbakar. Sementara sunblock mengandung bahan aktif yang membentuk lapisan tebal di atas kulit untuk menghalangi sinar UV agar tidak meresap ke dalam kulit.

Perbedaan lainnya adalah sunscreen lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan sehari-hari. Sedangkan sunblock lebih tebal dan cenderung meninggalkan bekas putih di kulit, sehingga lebih cocok untuk digunakan saat beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Pemilihan produk yang tepat sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Salah memilih antara sunscreen dan sunblock bisa membuat kulit tidak terlindungi dengan baik, atau bahkan bisa menyebabkan iritasi atau alergi.

Sebelum memilih produk, pastikan untuk memperhatikan kandungan bahan aktifnya, SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan kebutuhan kulit, serta jenis kulit Anda. Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan produk ini setidaknya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari, dan mengulanginya setiap 2-3 jam sekali.

Dengan memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock, diharapkan Anda bisa memilih produk yang tepat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Jangan sampai salah pilih, karena kesehatan kulit Anda sangat berharga.