Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Soda kue dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam proses pembuatan kue. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Soda kue, atau yang juga dikenal sebagai baking soda, adalah bahan yang bersifat basa. Soda kue akan bereaksi dengan asam, seperti cuka atau yogurt, dan menghasilkan gas karbon dioksida. Gas ini akan membuat adonan kue mengembang dan menghasilkan tekstur yang lebih ringan dan empuk. Soda kue biasanya digunakan dalam resep kue yang mengandung asam, seperti kue cokelat atau kue buah.

Di sisi lain, baking powder adalah campuran antara soda kue dan asam, seperti cream of tartar. Baking powder sudah mengandung asam di dalamnya, sehingga tidak memerlukan adanya reaksi dengan bahan asam tambahan. Baking powder umumnya digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung asam, seperti kue vanilla atau kue gula.

Perbedaan utama antara soda kue dan baking powder terletak pada cara penggunaannya dan resep kue yang cocok. Jika Anda menggunakan soda kue dalam resep yang tidak mengandung asam, kue Anda akan memiliki rasa yang pahit dan berbau amis. Sebaliknya, jika Anda menggunakan baking powder dalam resep yang mengandung asam, kue Anda tidak akan mengembang dengan baik dan teksturnya akan keras.

Jadi, sebelum Anda mulai membuat kue, pastikan untuk memahami perbedaan antara soda kue dan baking powder. Dengan menggunakan bahan yang tepat sesuai dengan resep kue yang Anda buat, Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna dan lezat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para pecinta kue!